6.18.2009

Majus dari Timur dan Pelarian ke Mesir Mat 2 : 1 - 15

Majus dari Timur dan Pelarian ke Mesir
Mat 2 : 1 - 15

Seperti biasanya ketika para anggota generasi sedotan berkumpul, maka terjadi percakapan antar sedotan yang satu dengan yang lainnya. Dan kali ini yang mereka perbincangkan adalah Majus dari mesir (kok orang majus dari mesir, ga salah nih???) ^_^

Sedotan kruwel 6_6 : Nah kita dah baca tuh perikop kan, bingung ga?

Sedotan lurus -_- : Yup

Sedotan plastik ^.^ : .... (diam seribu bahasa)

(Untuk memudahkan pengetikan dan lucu kami pake icon aja ya)

6_6 : sekarang kita mau mencoba memahami tuh bacaan dengan cara bertanya, seperti biasanya pertanyaannya simple: "Kenapa tuh orang (Matius) menulis mengenai orang Majus? Apa pentingnya bagi pembaca?

-_- : aku aja bingung siapa tuh majus, menurut aku nih dia itu ga dari timur. tapi dari barat menuju ke timur (ini rencananya melawan cerita sekolah minggu). liat aja ayatnya ngomong majus liat bintangnya di timur, masak liat bintang di timur majusnya ke barat? ga mungkin majus sebodo itu, ya ga?

^.^ : .... (masih diam aja)

6_6 : ya ga lah.... majus itu tetap dari timur ke barat, ada tuh ayatnya kalo majus itu dari timur. (ayat 1)

-_- : HEH!(terkejut) GA ADA AYATNYA YO, OJO NGAWUR KAMU, AKU DAH BACA KEMARIN....(sambil buka2 alkitab) ....oh iya ada ayatnya (glodak, makae ta ojo ngengkel dulu.hahahahaha)

(berhubung ^.^ masih diem terus ya udah ga ditulis dulu)

6_6 : kembali ke laptop kenapa ya majus itu ditulis ama Matius, sedangkan injil yang lain ga tulis.

^.^ : mungkin karena mau menjawab nubuatan-nubuatan kayak sebelum-sebelumnya. nih disini (buka buku primbon google, maksudnya datanya dapet dari google) ada. ayatnya adalah ....... (nanti diedit lagi lupa soale)

6_6 : (dalam hati: wow sekali ngomong langsung buka primbon, hueebbaatt) oke kalo gitu kita baca dulu yuk. Uh....sulit banget toh ya?Eh study bible ngomong apa mengenai ....., pinjem ya.

^.^ : oke

6_6 : menurut study bible nih ya ..... itu adalah spanyol saat ini atau mungkin juga pulau siprus. lah itu kan di baratnya yerusalem, bukan di timur. jadi ga mungkin deh. kecuali ...... katae padang gurun arabia nah ini masih mungkin karena masih di timurnya yerusalem. (ini juga diedit lagi juga lupa)

-_- : lah terus yang bener adalaaaahhhhh???

6_6 : iya itu, kita ga tau???

-_- : apakah mungkin kedatangan orang majus itu cuma penunjuk waktu aja dari kelahiran? maksudku begini, kalau di injil Lukas kan dikatakan waktu kaisar Agustus mengadakan sensus. nah jadi jelas kapan kira-kira Tuhan Yesus lahir juga jadi petunjuk bahwa Yesus itu benar-benar ada bukan mitos, lahirnya itu waktu sensus (sensus itu kan bagian dari sejarah/benar-benar terjadi). karena katanya injil Matius ditulis untuk orang Yahudi nah petunjuk waktunya ya waktu majus datang.

6_6 : ??? (bingung ga ngerti)

^.^ : ??? (bingung juga)

-_- : ya kan dicatet waktu itu majus dateng, yerusalem heboh. nah kalau yerusalem heboh kan artinya banyak orang yang tau kejadian itu. jadi kedatangan itu bisa jadi petunjuk waktu. karena semua orang tau kapan majus dateng.

6_6 : wah...wah boleh tuh

^.^ : ....(kembali ke silent mode)

6_6 : atau mungkin juga kedatangan majus itu ga penting...kenapa dicatet karena diperlukan untuk menjelaskan kejadian berikutnya. Kan berikutnya dicatet Tuhan Yesus diungsikan ke Mesir supaya genap nubuatan para nabi. nah kenapa kok tiba-tiba ke Mesir kan aneh kalo ga ada alasannya. tul ga???

-_- : oi...oi....ini perikop berbeda loh

6_6 : yup, tapi inget pembagian perikop-perikop itu kan dalam naskah asli ga ada, jadi bisa aja mestinya itu jadi satu cerita. apalagi kalo mau sesuai dengan yang sebelum-sebelumnya kisah-kisah ini semua menggenapi nubuatan. nah nubuatannya kan ada di kisah dari mesir. (dari sinilah judul di ambil Majus - dari Mesir...hahhahahaha mekso ya????)

-_- : bisa...bisa....(angguk-angguk)

6_6 : tapi ada satu hal yang ngganjel (ga pas) deh. kalau kamu baca di terjemahan ILT (Indonesian Literal Translation, terjemahan bahasa indonesia selain LAI) ada satu kata yang sering muncul yang di LAI ga ada. aku bacakan ya: "...pada masa pemerintahan raja Herodes, LIHATLAH, orang-orang majus dari timur datang". nah kalau dibaca demikian seolah-olah kedatangan mereka ini seolah-olah ama Matius mau ditonjolkan.

-_- : jadi penting dong...bukan cuma pelengkap

6_6 : iya rasa-e penting deh. atau mungkin kisah majus yang datang ini untuk mengungkapkan bahwa Tuhan Yesus adalah raja, bahkan raja yang besar. kan kalau ada duta/utusan-utusan luar negeri sampai datang untuk memberi hormat pada raja, pastilah raja yang baru lahir itu raja yang besar.

-_- : masuk...masuk...(angguk-angguk lagi)

6_6 : ya mungkin Matius ingin menunjukkan pada pembaca bahwa Tuhan Yesus adalah raja yang besar.

-_- : setuju. selain tentang majus yang dateng juga ada nubuatan tentang tempat kelahirannya di betlehem loh. (ayat 5)

6_6 : mengenai hal itu ada yang aneh loh.

-_- : apa?

6_6 : kamu tau, waktu itu yang bilangi menurut nubuatan Mesias akan lahir di betlehem adalah imam dan ahli taurat. nah kenapa hayo mereka yang tau hal itu ga ikut pergi ke betlehem? aneh ga?

-_- : mungkin cuma ga dicatet aja. (nada ga yakin)

6_6 : ama rakyat yerusalem kan gempar setelah mendengar perkataan orang majus bahwa ada raja yang baru lahir. kok mereka juga ga ikut cari Tuhan Yesus? ga mungkin ga dicatet lah. kan kalau banyak orang yang ikut pasti itu kejadian besar.

-_- : betul juga....kenapa ya?

6_6 : aneh ya orang yang liat bintang yang ga pasti artinya mbelani (rela) dateng dari jauh, eh yang dah dapet nubuatan malah ga berusaha dateng blas.

-_- : iya yah....kalau bintang itu kan termasuk anugerah umum ya? semua orang bisa liat...berarti kelahiran itu juga diberitakan lewat anugerah umum juga waktu itu.

6_6 : ya itu kenapa yang dikasih yang jelas ga dateng sedang yang ga jelas malah dateng.

-_- : atau mungkin imama, ahli taurat ama rakyat Yerusalem ga percaya. bayangkan yang dateng dan gembar-gembor ngomong ini orang asing, orang kafir, mana mereka mau percaya? contohnya aja kalo tiba-tiba ada ustad naik mimbar memberitakan nubuatan akhir jaman, apa kamu atau jemaat ada yang mau percaya?

6_6 : ya ga lah! (berapi-api jawabnya)

-_- : sama aja, waktu itu juga orang asing (red. kafir) ngomong Mesias lahir, masak ada yang mau percaya. paling yerusalem heboh, terus orang tanya siapa yang ngomong. begitu dijawab yang ngomong orang majus langsung bles ga ada yang percaya dan memilih tidur daripada terus heboh.

6_6 : iya ya. apalagi waktu itu kan sering ada yang ngaku-ngaku mesias terus melakukan pemberontakan eh ternyata kalah. jadi mungkin juga orang-orang sudah bosen dengan janji-janji palsu ngaku-ngaku mesias kali ya?

-_- : ya mungkin juga sih. tapi Herodes percaya tuh, atau dia mah mikirnya bener apa ga yang penting ta basmi dulu, gitu kali ya?

6_6 : yup rasanya begitu deh. kalau dilanjutkan lagi mengenai pembunuhan anak-anak 2 tahun oleh Herodes rasanya juga unik. Matius mencatat itu menggenapi nubuatan nabi Yeremia, tapi herannya apa hubungannya dengan Mesias? (tidak dilanjutkan karena belum didiskusikan)

-_- : ya mungkin juga sekali lagi juga cuma petunjuk waktu aja. (ga yakin) ada lagi yang aneh, ketika pulang dari mesir, heran kenapa mereka menghindari Arkhelaus ya? masak sih mereka masih dicari-cari ama anaknya Herodes? (tidak dilanjutkan karena belum didiskusikan)

6_6 : yah tapi karena hal itu mereka jadi menggenapkan nubuatan disebut orang Nazaret. tapi nubuatan ini juga ga ada referensi ayatnya loh, jadi kita ga bisa tau nubutan yang dimaksud Matius adalah nubuatan yang mana? (tidak dilanjutkan karena belum didiskusikan) tapi yang jelas mereka akhirnya pulang ke kampung halaman asalnya karena sebelum sensus mereka tinggal di Nazaret (Lukas 1:26)

demikianlah perbincangan mengenai Majus dari Mesir dilakukan, ada begitu banyak hal yang masih belum didiskusikan tetapi bagaimana lagi sudah ga mampu menggali lebih dalem lagi.

ada yang berpendapat persembahan orang majus (emas, kemenyan dan mur) melambangkan raja, imam, dan penyaliban tetapi sekali lagi kami ga merasa itu inti penyampaian yang Matius mau sampaikan

dan kami juga belum sempat menelusuri nubuat-nubuat di perjanjian lama tentang betlehem dan mesir.

ya ini sudah semaksimal yang masih bisa kami kerjakan. semoga jadi berkat.

salam kami,

generasi sedotan

sedotan kruwel 6_6 ; sedotan lurus -_-; sedotan plastik ^.^ menggambarkan beberapa orang diantara kami (bisa menebak ga???)

2 comments:

  1. saya tadi pagi bangun tidur dan mikir-mikir dan menemukan satu hal lagi yang unik dari cerita majus sampe nazaret ini

    sadar ga Tuhan Yesus itu disebutkan di Matius menggenapi nubuatan bahwa Mesias itu berasal dari 3 tempat (ini kalo berasal dari Nazaret dihitung juga --> nubuatan yang ga tau dapet dari mana/referensi ga ada)

    dia disebut dalam Matius dari Betlehem, dipanggil dari Mesir, dan dari Nazaret. Unik ya ada orang yang bisa disebut berasal dari 3 tempat.

    Nah ditengah2 memikirkan hal ini muncul sebuah pemikiran kenapa Matius harus menyebutkan Tuhan Yesus berasal dari 3 tempat?

    dengan pemikiran bahwa injil ditulis beberapa puluh tahun setelah kematian Tuhan Yesus, apakah ada kemungkinan pengenalan dari jemaat mula-mula mengenai Tuhan Yesus ternyata berbeda-beda.

    satu kelompok berpikir Tuhan itu orang Betlehem, ada yang bilang ia dari Mesir, dan ada yang bilang dia orang Nazaret (aku jadi ragu apakah orang Nazaret ini nubuatan atau pandangan kebanyakan orang saat itu). jadi untuk mencegah orang bingung Matius dengan jelas mencatat bagaimana semua pandangan di atas benar. (apa benar ya? pernyataan di atas semuanya spekulasi/ga ada data)

    anyway mengenai orang Nazaret kalo kita ga bisa menemukan ayatnya referensi nubuatannya apa mungkin ini salah terjemahan? mungkin maksudnya Matius: supaya genap yang dikatakan orang-orang bahwa Dia disebut orang Nazaret. (spekulasi/bukan data)

    ReplyDelete
  2. kalau dari study bibleku, orang majus disebut berasal dari persia, sebelah timur Yerusalem.
    'Majus' sendiri dari latar belakang penamaan, lebih condong ke para imam2 atau ahli perbintangan dari persia. Kalau emang dari persia, berarti orang2 ini mewarisi pengetahuan Nabi Daniel. Jadi ketika bintang yang dimaksud muncul, logis mereka menyimpulkan untuk pergi ke Yudea (Bil 28:8)

    Kemungkinan besar bintang ini bukan bintang secara fisik yang nampak ke semua orang. Bukti-bukti yang memperkuat adalah, ketika tiba di Yerusalem, mereka harus bertanya ke Raja Herodes (mungkin 'fenomena bintang' itu muncul dan hilang ketika mereka sampai ke Yerusalem). Kedua, Raja Herodes sendiri harus bertanya kepada orang majus kapan bintang itu muncul. Orang-orang Israel sendiri di kota Yerusalem menjadi gempar kedatangan orang majus tapi tidak gempar melihat 'bintang' tersebut.

    Kemudian setelah bertanya ke Raja Herodes, orang majus menjadi gembira melihat 'bintang' tadi. Artinya bintang itu muncul lagi dan berjalan di depan mereka sampai persis di atas rumah dimana Yesus berada. Jelas bintang tersebut bukan bintang secara fisik bintang pada umumnya. (Mungkin saja 'fenomena bintang' yang muncul pertama kali menjadi tanda kristus lahir buat orang majus menuju ke Yerusalem adalah bintang fisik seperti dugaan kalau itu supernova dll, dan kemudian bintang non fisik muncul ketika Majus selesai bertanya Herodes)

    Aku tidak mengerti maksud apa hubungannya Herodes membunuh anakanak dibawah umur 2 tahun dengan Tuhan Yesus. Menurutku, dekat sekali. Karena Majus tiba di Yerusalem beberapa waktu lamanya setelah Yesus lahir, dan dari perkiraan waktu kapan orang Majus melihat bintang itu, Herodes memerintahkan membunuh anak-anak di bawah umur 2 tahun, untuk mengamankan posisi diri dan keluarganya sebagai Raja, karena dia adalah orang Edom yang ditunjuk menjadi raja orang Yahudi oleh bangsa Romawi. Dan tentu saja, anak Herodes jika mengetahui kalau ada anak yg diperkirakan lahir di waktu yang disebut orang Majus masih hidup akan berusaha membunuh anak tersebut untuk mengamankan posisinya.

    well, I am waiting for your responses

    ReplyDelete